Menu

SewaMobilMurah

Sewa Mobil Surabaya Menjangkau Timur Jawa

header photo

Jalanan dan Seni

December 4, 2015

Apakah hubungan antara jalanan dan seni? Tampaknya tak ada jika dipikirkan sepintas. Jalanan merupakan produk dari berbagai disiplin ilmu yang berkutat dengan pelajaran dan bidang eksakta dimana hal baku dan terukur diterapkan oleh kegiatan rancang bangun sebuah sarana bagi publik. Tapi, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya menemukan beberapa hal menarik terkait penorehan seni pada sebuah bidang kasar, tegar, kaku, kokoh dan baku bernama jalan.

Beberapa semprotan dan guyuran cat ini tidak diragukan lagi, memberikan kesan yang berbeda dibandingkan sekedar vandalisme semprotan cat berisi tanda tangan siswa atau nama-nama geng buatan pemuda-pemudi tak jelas di Surabaya.
Di beberapa sudut Kota Surabaya markas Rental Mobil Elf di Surabaya, kita dengan mudah menjumpai adanya mural yang memang ditujukan untuk 'mewarnai' daerah tersebut. Misalnya saja yang paling menyolok adalah pada tembok-tembok pembatas penjara:

Para seniman tersebut seperti menjadi 'tamu kehormatan' Pemkot untuk mempercantik Surabaya. Apakah benar mempercantik? Mungkin ada beberapa orang yang sebal terhadap beberapa pemandangan karya seni yang tidak jelas maksudnya dan gambar yang terpampang pun benar-benar bebas serta abstrak. Tapi memang benar jika Sewa Mobil Avanza di Surabaya bilang untuk mempercantik Kota. Atau bisa disebut membuat nuansa baru pada lingkungan kota. Coba bandingkan gambar tadi dengan gambar ini:

Padahal lokasinya tak jauh dari daerah tembok Penjara Kalisosok tersebut. ada tembok yang 'tak terurus' dengan gambar coretan cat semprot yang mungkin dikerjakan oleh orang iseng: 

Setidaknya, dari beberapa 'gambar bebas' tersebut diketahui mempunyai pesan-pesan tertentu yang kadang malah membuat tersenyum orang yang lewat. Dan, banyak dari karya tersebut tidak dikerjakan 'asal' bikin lho... ada wadah komunitas untuk para seniman mural ini, yang bisa dilihat pada halaman FBnya: https://www.facebook.com/pages/Serikat-Mural-Surabaya/309571512388079 atau situs blogspotnya: http://www.serikatmuralsurabaya.blogspot.com/
kegiatan para seniman Surabaya yang berpartisipasi pada satu event bahkan sampai mendapatkan rekor MURI: http://www.merdeka.com/peristiwa/lukis-wajah-kota-pahlawan-50-seniman-surabaya-raih-rekor-muri.html.

Jikalau sedang macet atau terjadi kepadatan di beberapa lajur di Surabaya, beberapa gambar tersebut agaknya bisa membantu mengurangi kepenatan sopir Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya pula ketimbang melihat coretan tanda tangan tadi. Bisa pula sekedar untuk membangkitkan imajinasi jika bidang kita berhubungan dengan coretan atau semprotan tadi.
Sedikit saran, mungkin gambarnya bisa dibuat yang tidak menyeramkan atau tidak menyenangkan. Sehingga saat suntuk karena kemacetan tidak malah membuat pusing dan ciut karena memandang coretan mural yang bertema sadis atau tidak menyenangkan ^_^

Meski tembok-tembok Surabaya memberi 'wadah' untuk seniman tersebut agar bebas berkarya dan berkreasi, Sewa Mobil Honda Mobilio Surabaya belum pernah melihat (bisa saja terlewat) akan pemandangan yang lebih bebas berupa gambar imajinasi dari lukisan 3D di jalanan seperti yang terlihat pada tautan berikut: http://infounik.org/lukisan-3d-seni-jalanan.html

Agaknya hal tersebut juga bakal membingungkan atau mengganggu mereka yang tidak menyukai hal-hal semacam ini. Karena memang bisa mengecoh bagi mereka bila melihatnya dengan sudut yang pas. Belum lagi kalau misalnya ada orang yang protes saat mereka menggunakan media jalan seperti pada tautan berikut: http://www.otosia.com/berita/gerah-jalanan-berlubang-karya-seniman-ini-bikin-orang-tercengang.html 
Ada 'hewan buas' yang merupakan karya hasil buatan seniman India yang mungkin bisa bikin bergidik orang yang anti dan phobia terhadap hewan buas tersebut. Meskipun dengan niat baik dan protes tersebut juga berhasil ditanggapi oleh dinas terkait sehingga memperbaiki lubang jalanan kawasan tersebut.

Mari kita melihat satu contoh lagi yang keren dari sumber berita ^_^: http://beritadaerah.co.id/2014/10/02/instalasi-seni-ruang-publik-di-jalan-malioboro/
Memang, Malioboro rasanya adalah pusat seni di Jogja.

Akhirnya, semoga berbagai karya seni yang digarap serius tersebut tidak sampai menimbulkan hilangnya konsentrasi bagi pengendara yang lewat karena lama menatap gambar yang tampak dan malah mengacuhkan jalanan atau mengabaikan perhatian akan lingkungan serta kendaraan di sekitarnya. Semoga artikel Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya bermanfaat.

Go Back

Comment