Menu

SewaMobilMurah

Sewa Mobil Surabaya Menjangkau Timur Jawa

header photo

Online VS Offline

June 23, 2015

Tampilan Brosur. Image: CPak/commons.wikimedia.org

Dunia internet yang berkembang, hampir semua pelaku usaha memanfaatkannya. Tidak hanya usaha besar modern dan bermodal tinggi, petani pun memanfaatkannya untuk menggalang komunitas sesama petani sebagai langkah menghindari penimbun dan "birokrasi" distributor.

Ini berbeda dengan pemasaran offline yang hanya bisa mengandalkan brosur/pamflet, kartunama atau koran/majalah/cetak (iklan). Hampir semua pemasaran offline memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk ongkos cetak atau iklannya. Yang gratis tentu saja terbatas baik dari segi ruang lingkup atau ketersediaan. Yang gratis misalnya: mulut ke mulut yang membutuhkan banyak kenalan/teman baik dimana bisa membantu memperkenalkan. Jika ingin lebih 'cespleng' juga perlu ditambah kartunama atau brosur, atau malah sampel produk pertanian (yang tentunya butuh modal pula, buat 'icip-icip' ^_^ ). Beberapa usaha seperti catering/EO pernikahan biasa mencetak brosur dan kartunama saat pernikahan digelar dengan harapan khalayak yang puas terhadap sajian/dekorasi pernikahannya bisa menghubungi pihak catering/EO penyelenggara tanpa bertanya lagi kepada yang empunya hajat.

Di dunia usaha transportasi yang juga digeluti oleh Rental Mobil Pregio di Surabaya sebagai penyedia jasa, kegiatan marketing melalui internet ini lebih ditingkatkan untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak. Bagaimana tidak, karena menyangkut lingkup yang lebih luas (negara Indonesia sendiri, bahkan global—jika jasa kita menyediakan berbahasa Inggris). Proses di media online (internet) sangat beragam, mulai dari website, iklan, tautan (link), media sosial, dan lain-lain. Lagipula saat ini pengaksesan internet tidak hanya dilakukan oleh pengguna PC, malah lebih dominan dilakukan oleh pengguna ponsel. Jadi untuk kebanyakan pelaku usaha, pembuatan website promosi perusahaan baik memakai domain berbayar atau gratisan rasanya menjadi suatu hal yang wajib.

Tetapi, penipuan di media online juga marak dilakukan, apalagi dengan website gratisan yang biasanya mengincar korban yang gaptek. Beberapa waktu lalu Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menurunkan artikel pada blog untuk pembaca weebly, tetapi tak kunjung mereda pelaku penipuan ini meski banyak pula yang tertangkap: http://mobil.otomotifnet.com/read/2015/03/12/356563/127/7/Fenomena-E-Dagang-Segmen-Otomotif-Waspadai-Penipuan
Sementara artikel yang diulas oleh Sewa Mobil Surabaya ada pada tautan ini: http://sewamobil-surabaya.weebly.com/blog/alamat-di-internet-dan-alamat-di-dunia-nyata.

Namun, meski mempunyai website resmi... Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya juga membutuhkan blog gratisan untuk mendukung pemasaran via komunitas seperti blogspot dan wordpress. Karena kadang ada perbedaan mendasar: setiap posting artikel, biasanya judul dan artikelnya akan langsung tersebar melalui daftar tulisan terbaru dari berbagai pengguna website gratisan itu. Jadi, pembacanya akhirnya juga banyak. Meskipun tak semua pembaca akan merespons artikel "penawaran" semacam ini, tapi setidaknya dari artikel tersebut kita bisa memperkenalkan diri dan berharap pembaca yang memiliki kebutuhan suatu saat akan menghubungi pula. Bukankah kalau kita tahu di pojokan jalan ada penjual gado-gado, kita akan mudah untuk datang ke sana bila suatu saat kepingin gado-gado. Mungkin bukan suami yang butuh dan ingin gado-gado, tetapi sang istri yang sedang hamil akhirnya ngidam makan gado-gado. 

Dengan kata lain, bukan pembaca artikel yang butuh mobil suatu saat. Tapi bila ada keluarganya atau tetangganya yang butuh, pembaca ini dapat mereferensikan kepada orang terdekatnya bahwa Sewa Mobil Elf di Surabaya "menjual jasa" rental mobil yang bisa dipercaya dan tidak abal-abal. Dan sebagai sebuah perusahaan yang mempunyai pelanggan, media sosial pun dipunyai Sewa Mobil Innova di Surabaya untuk mengenal pelanggan, atau mengenal 'calon pelanggan', atau menjaga hubungan dengan pelanggan. Karena bagaimanapun, memperkenalkan diri itu perlu; tapi menjaga hubungan itu adalah suatu keharusan.

 

Go Back

Comment